manfaat lengkuas

 Malam teman dekat Macam Alami, kesempatan ini saya bakal mengulas mengenai Faedah serta Manfaat Lengkuas kepada Kesehatan. Tumbuhan Lengkuas (galangal) adalah satu diantara tumbuhan yang kerap digunakan sektor rimpangnya. Di Tanah air sendiri, ada 2 type Lengkuas, yaitu Lengkuas Merah serta Lengkuas Putih. Lengkuas Merah mempunyai daging yang berwarna merah, dan kerap dipakai yang menjadi obat tradisional. Telah mulai sejak lama nenek moyang kita memakai Lengkuas Merah kepada jadikan yang menjadi obat tradisional, salah satunya kepada menangani penyakit panu, memberi nafsu makan, sampai menyembuhkan rematik. Sementara itu Lengkuas Putih yang

Baca selengkapnya di ---->> Khasiat dan Manfaat Lengkuas

Manfaat Lengkuas Sebagai Obat Herbal

mempunyai daging berwarna putih, kerap jadikan yang menjadi bumbu ruang penyedap makanan. Namun apakah kalian telah tahu bagaimana caranya memproses tumbuhan Lengkuas ini jadi obat tradisional yang bisa mengobati/menyembuhkan beragam macam-macam penyakit? Apa bila belum tahu janganlah cemas, saya bakal membahasnya didalam artikel ini.
Kandungan Senyawa Lengkuas

Tumbuhan yang mempunyai nama ilmiah Alpinia Galanga ini memiliki banyak senyawa yang elegan kepada kesehatan badan kita. Kandungan senyawa Lengkuas itu dari lain : Eugenol, Seskuiterpen, Metil Sinamat, Pinen, Galangan, Kaemferida, Kristal Kuning, Galangol, Saponin, Flavonoida, serta Tannin. Tidak cuma itu saja, tumbuhan Lengkuas pula memiliki kandungan Minyak Astiri serta pula Minyak Terbang.

Penyembuhan Tradisional oleh Lengkuas

Oleh kandungan senyawan yang elegan kepada kesehatan badan itu, jadi tak mengherankan apabila tanaman yang umum dipanggil Laos dengan orang jawa ini bayak jadikan yang menjadi obat tradisional yang ampuh menangani beragam macam-macam masalah kesehatan didalam badan kita. Gangguan-gangguan itu bisa kita obati oleh resep ramuan Lengkuas misal berikut ini :

1. Menyembuhkan Rematik
Sediakan 2 rimpang Lengkuas berkapasitas ibu jari, dan 1 butir Telur ayam kampung. Cara perdana, parutlah lengkuas, sebelumnya peraslah kepada mengambil airnya. Kemudian, campur oleh kuning telur ayam kampung. Aduk sampai rata. Minum ramuan ini 1x satu hari.

2. Memberi nafsu makan
Sediakan 1 rimpang Lengkuas berkapasitas ibu jari, ½ rimpang Kencur berkapasitas ibu jari, 3 buah Mengkudu yang tetap mentah, ½ sendok the bubuk Ketumbar, 1 siung Bawang Putih, 3 mata buah Asam Jawa yang telah masak, 1 potong Gula Merah, Jakeling, Jalawe, dan Jarahab. Rebus semuanya bahan tadi oleh 2 gelas air, sebelumnya tunggulah sampai mendidih/tersisa tinggal 1 gelas air. Minum ramuan tadi sejumlah ½ gelas, pada pagi serta sore hari.
3. Menyembuhkan Penyakit Limpa
Sediakan 2 rimpang Lengkuas berkapasitas ibu jari, 3 rimpang Temulawak berkapasitas ibu jari, dan 1 genggam daun Meniran. Rebus semuanya bahan tadi oleh 3 gelas air, sebelumnya tunggulah hingga mendidih. Minum ramuan ini sejumlah 1 cangkir pada pagi serta sore hari.

4. Menyembuhkan Penyakit Campak (Morbili)
Sediakan 4 rimpang Lengkuas berkapasitas ibu jari, 1 sendok the Minyak Kayu Putih, dan 1 sendok the Minyak Gondopura. Cara perdana, parutlah Lengkuas hingga halus. Selain itu, campur hasil parutan Lengkuas itu oleh Minyak Kayu Putih serta pula Minyak Gondopura dengan cara rata. Pakai ramuan ini yang menjadi obat luar.

5. Menyembuhkan Panu
Sediakan rimpang Lengkuas seperlunya, serta pula Kapur Sirih seperlunya. Cara perdana, tubuk ke-2 bahan itu samapi halus. Lalu, gosokkan ramuan ini selanjutnya sektor badan yang terserang penyakit panu, tiap-tiap pagi serta sore hari.

6. Menyembuhkan Batuk Bronkhitis
Sediakan 2 rimpang Lengkuas berkapasitas ibu jari, 2 rimpang Temulawak berkapasitas ibu jari, 2 rimpang Halia berkapasitas ibu jari, Keningar, 1 genggam daun Pecut muda, ½ genggam daun Iler, serta pula Kayu Manis seperlunya. Cara perdana, tumbuklah semuanya bahan tersebut hingga halus. Lalu rebus hasil tumbukan tersebut oleh 3 gelas air hingga mendidih. Minum ramuan ini 2x satu hari, yaitu selanjutnya pagi serta sore hari.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "manfaat lengkuas"